Perkembangan Bahasa inggris atau bahasa internasional saat ini

Sejarah perkembangan bahasa inggris sebenarnya dimulai sejak berabad-abad yang lalu, bahasa ini merupakan salah satu bahasa tertua dan sangat besar area penyebarannya didunia, bahasa inggris terdengar sekilas nama suatu negara yang terkenal maju dan diakui sejak dari dulu memiliki kawasan jajahan yang luas, tentu tidak heran jika bahasa dari negara ini sangat luas penyebarannya hingga setiap kosakata bahasa ini ada yang digunakan oleh bahasa lain yang memiliki arti yang sama.
Hingga saat ini bahasa inggris dijadikan sebagai bahasa internasional, bahasa yang digunakan sebagai alat komunikasi secara intenasional berbeda dengan bahasa nasional yang digunakan didalam negara itu saja. Ada beberapa alasan kenapa bahasa inggris dijadikan sebagai bahasa internasional, diantaranya karena bahasa inggris salah satu bahasa tertua yang ada di dunia, dan bahasa yang berasal dari dataran britania yaitu sekitar abad ke 8, selain itu bahasa inggris juga memiliki perkembangan kosa kata yang sangat pesat. Lebih jelas lagi fakta juga mengatakan bahwa Bangsa Inggris merupakan negara yg paling banyak jajahannya dunia, oleh sebab itu bahasa inggris sangat familiar dan lebih banyak digunakan diberbagai negara, terutama negara jajahan inggris yang ada.

Sedangkan perkembangan bahasa inggris di Indonesia sendiri bermula sudah lama, telah berabad-abad nenek moyang penutur bahasa Indonesia berhubungan dengan berbagai bangsa di dunia. Bahasa Sansekerta tercatat awal dibawa masuk ke Indonesia yakni sejak mula tarikh Masehi. Bahasa ini dijadikan sebagai bahasa sastra dan perantara dalam penyebaran agama Hindu dan Buddha. 

Pada dasarnya sumber sumber bahasa asing yang masuk ke Indonesia kurang lebih dapat mempengaruhi penggunaan dan perkembangan bahasa Indonesia. Perkembangan bahasa yang masuk tersebut tentunya dapat menambah perbendaharaan bahasa Indonesia itu sendiri dengan pola yang terpantau tentunya ( tidak menyingkirkan nilai budaya dari bahasa Indonesia itu sendiri). Bahasa Indonesia mempunyai ciri-ciri umum dan kaidah-kaidah tertentu yang membedakannya dengan bahasa-bahasa lainnya di dunia ini, baik bahasa asing maupun bahasa daerah. Dengan ciri-ciri umum dan kaidah-kaidah pokok ini pulalah dapat dibedakan mana bahasa Indonesia dan mana bahasa asing ataupun bahasa daerah.

Perkembangan bahasa asing ( inggris ) memberi dampak positif bagi generasi kita, semakin banyak orang yang mampu berkomunikasi dalam bahasa Inggris maka akan semakin cepat pula proses transfer ilmu pengetahuan, menguntungkan dalam berbagai kegiatan (pergaulan internasional, bisnis, sekolah) dan dapat memperoleh dua atau lebih bahasa dengan baik apabila terdapat pola sosial yang konsisten dalam komunikasi, seperti dengan siapa berbahasa apa, di mana berbahasa apa, atau kapan berbahasa apa.