Perbedaan antara Penerjemah, Juru bahasa dan Juru bicara

Dalam bidang bahasa tentu sering kita dengar istilah tentang Penerjemah bahasa, Juru bahasa dan Juru bicara, istilah tersebut memang sebutan bagi orang yang berprofesi menyangkut bahasa. Bahasa sendiri banyak beraneka ragam jenisnya seperti bahasa Indonesia yang wajib digunakan sebagai bahasa persatuan (nasional) di Indonesia, dan bahasa inggris sebagai bahasa internasional.
Ada beberapa sandangan profesi perihal bahasa yang merupakan suatu keahlian dari seseorang tentu dengan kemahiran yang dimiliki dalam berbahasa seperti yang sering kita dengar yaitu Penerjemah bahasa, Juru bahasa dan juru bicara. Ketiganya memiliki tugas dan mengemban amanat masing-masing.

Bantuan peralatan konvesional bagi penerjemah bahasa
Penerjemah bahasa atau sering disebut penterjemah adalah suatu profesi yang secara garis besar bertugas mengalihkan teks tertulis dari suatu bahasa ke dalam bahasa lain, tugas ini memang terbilang sedikit lebih rumit karena media, produk dan cara kerja berbeda dari lainnya, media dan produk berupa teks bahasa entah itu berasal dari dokumen atau sejenisnya, penerjemah berasal dari kata terjemahan yang sering disebut dalam bahasa inggris adalah Translator yang bertugas sebagai pengalih bahasa seperti halnya Juru bahasa.

Juru bahasa atau dalam sebutan Interpreter dalam bahasa inggris adalah seseorang yang berprofesi mengalihkan bahasa lisan dari suatu bahasa ke bahasa yang lain, misalkan seperti pemandu wisata yang memandu dan menyampaikan bahasa yang menjelaskan keadaan dan situasi keadaan dari berbagai aspek sesuai permintaan. Interpreter attau juru bahasa adalah profesi yang memiliki waktu terbatas dalam memproses informasi dan tidak dapat menggunakan referensi lainnya seperti kamus dalam menyampaikan pesan. Berbeda dengan penerjemah bahasa yang dapat menggunakan bantuan peralatan konvensional seperti alat tulis, kamus, jurnal, komputer, internet dan lainnya, sedangkan Juru bahasa hanya dapat menggunakan perlatan seperti kertas, pensil,mikrophone dan headphone. Selain itu juru bahasa harus mampu mengidentifikasikan sebuah makna tersirat dalam intonasi,raut wajah, gerak tangan dan tubuh sumber pembicara.

Sedangkan Juru bicara atau bisa disingkat dengan jubir adalah seseorang yang diberikan tanggung jawab penuh untuk menerangkan situasi dan kondisi dari orang lain yang telah mengutus atau memberikan wewenang kepadanya. Dalam lembaga organisasi peranan seorang juru bicara sangat penting yang bertugas untuk mewakili lembaga yang dipegangnya dalam menyampaikan informasi dan menjawab pertanyaan dalam konferensi pers, ataupun dalam melakukan wawancara dengan wartawan dan media.

Jadi apasih perbedaan masing-masing profesi tesebut ? anda dapat uraikan sendiri berdasarkan dari peran dan tanggung jawab profesi diatas.