Thursday, July 2, 2015

Selain tutur bahasa manusia gunakan apasih untuk komunikasi ?

Dalam kegiatan manusia sehari-hari bahasa memang selalu diperlukan untuk alat komunikasi, yang merupakan suatu proses penyampaian informasi baik itu pesan, gagasan dari suatu pihak kepada pihak lainnya. media alat komunikasi yang digunakan pun beragam dari masa ke masa karena perkembangan zaman.


tutur bahasa manusia dalam komunikasi
Secara umum komunikasi disampaikan secara lisan dengan isi yang dapat dimengerti/dipahami oleh pihak terkait, dan selain itu alat komunikasi dapat dilakukan dengan bahasa isyarat sebagai jalan lain jika bahasa komunikasi yang disampaikan kurang dimengerti atau gagal dipahami.
Selain isyarat tertentu apa saja sih alat komunikasi yang digunakan manusia untuk berkomunikasi baik di jarak dekat maupun jauh ?

DAUN LONTAR
Daun ini salah satu media alat komunikasi dalam menulis naskah yang berisi bahasa pada masa lalu seperti pada masa kerajaan di Indonesia, Daun yang dikenal daun pohon nira, dalam penggunaannya daun ini dikeringkan terlebih dahulu sebelum digunakan untuk media komunikasi. Terbukti pada temuan sejarah yang ditemukan dibeberapa daerah di Indonesia seperti di Jawa, Sunda, Bali, Madura, Sulawesi selatan dan Lombok. Selain digunakan sebagai media komunikasi yang berisi simbol atau teks bahasa daun ini juga digunakan sebagai bahan baku seperti penggunaan untuk atap rumah dan produk kerajinan pada masa kerajaan Indonesia.

ASAP
Didalam media komunikasi ini tidak terdapat suatu kode baku sehingga hanya orang atau komunitas tertentu yang dapat memahami isi bahasa pesan dari asap tersebut, media komunikasi ini memang terbilang unik yang digunakan oleh bangsa indian di amerika ynag digunakan untuk mengirimkan informasi rahasia kepada lawan maupun teman.

LONCENG
Dimasa dahulu lonceng selalu digunakan untuk menyampaikan bahasa pesan kepada masyarakat, penggunaanya menyebar luas seperti pada umat kristiani dalam memberi tanda waktu beribadah, penggunaan lonceng pertama kali terdapat pada gereja Katolik sekitar tahun 400 masehi.

KENTONGAN
Selain lonceng kentongan juga digunakan sebagai media komunikasi yang hampir memiliki fungsi yang sama seperti lonceng, di kehidupan masyarakat selain penggunaan bahasa sehari-hari kentongan juga sering digunakan ketika suro-suro kecil, penanda tiba waktunya beribadah umat muslim. Media yang mengalami transformasi fungsi ini juga digunakan masyarakat tani dalam mengusir hewan yang merusak tanaman pertanian.

BURUNG MERPATI
Burung ini memang tidak mampu berbahasa layaknya manusia tetapi burung yang satu ini memiliki peranan yang penting pada masa kuno, burung yang digunakan menyampaikan pesan bahasa dalam jarak jauh baik kepada lawan maupun teman ini selain pintar juga memiliki daya ingat cukup kuat dan navigasi kemampuan naluriah untuk kembali ke sarang yang hebat. metode komunikasi ini banyak digunakan di dunia seperti di era Yunani kuno, Kerajaan Romawi, bahkan di Indonesia sendiri sudah terbukti penggunaannya pada masa kerajaan.

Selain media komunikasi diatas, masih banyak media laiinnya yang mungkin akan kami bahas dikesempatan mendatang, dan artikel ini merupakan materi pengetahuan dasar yang sengaja ditulis untuk memberikan informasi bagi anak-anak meskipun terlihat kurang lengkap.
Terimakasih, Salam.