Wednesday, August 5, 2015

Bahasa Unik Tok Pisin dari PNG

Dari sekian banyak negara didunia dengan beragam kebudayaan yang dimiliki namun belum tentu setiap orang mengenal lebih tentang kekayaannya, termasuk macam bahasa yang dimiliki dan digunakan sebagai bahasa persatuan di Negara itu sendiri.
Bahasa unik yang ada didunia merupakan bahasa yang harus dipelihara agar tidak terancam kepunahan, Dibumi sendiri terdapat bermacam bahasa unik dan masih digunakan oleh penuturnya sebagai bahasa peninggalan nenek moyang.

bahasa unik di papua nugini salah satu didunia
Tok Pisin adalah salah satu dari tiga bahasa nasional di Papua Nugini, bahasa ini berasal dari bentuk bahasa Melanesia Pidgin bahasa Inggris yang kemudian dikembangkan pada tahun 1800-an oleh dan antara Melanesia dan Eropa. Bahasa ini sedikit unik karena merupakan penyesuaian dari bahasa Inggris.

Bahasa ini pada awalnya digunakan oleh para pekerja perkebunan tebu di Australia yang berasal dari Papua Nugini, karena mereka berkomunikasi dengan beragam bahasa daerah hingga akhirnya mereka menyesuaikan diri antara bahasa mereka dengan bahasa inggris hingga kemudian mereka kembangkan dan menjadi bahasa sekarang ini yaitu Bahasa Tok pisin, dan ketika mereka pulang kembali ke Papua Nugini ( Papua New Guinea ) mereka kemudian memperkenalkan bahasa tersebut kepada penduduk setempat seiring jalannya waktu.

Bahasa Tok pisin hingga kini masih digunakan sebagai salah satu bahasa dominan dan universal di negara Papua Nugini, dari sekian banyak bahasa di Papua Nugini hanya bahasa Tok pisin yang digunakan oleh semua warga Papua Nugini, hampir 121.000 penutur bahasa yang menggunakannya sebagai bahasa ibu dan 4 juta penutur menjadikan sebagai bahasa kedua.

Masyarakat Papua Nugini selain menggunakan bahasa Tok Pisin mereka juga menggunakan bahasa Inggris sebagai bahasa persatuan, terutama ketika mereka sedang melakukan bisnis maka mereka menggunakan bahasa inggris karena bahasa inggris sebagai bahasa internasional. Meskipun cenderung lebih ke bahasa inggris, bahasa Tok Pisin jauh lebih mudah dan simple, misalkan : Waktu – Taim, Buah – Frut, Terimakasih – Tenkyu. Bahasa ini termasuk bahasa kreol dan berdasarkan bahasa Inggris, Kata Tok Pisin sendiri berasal dari bahasa Inggris yaitu ‘Talk’ dan ‘Pidgin’ yaitu bahasa pijin yang berarti penyesuaian.

Dalam bahasa ini terdapat berbagai dialek bahasa yang memiliki kosa kata dan makna berbeda, yaitu dialek dataran rendah, dataran tinggi, dan kepulauan. Selain digunakan sebagai bahasa resmi di Papua Nugini bahasa ini juga dikenal di kepulauan Asia pasifik dan digunakan di Negara Australia seperti penggunaannya pada Radio Australia’s Tok Pisin.