Jasa penerjemah dan cara atasi ijazah yang hilang

jasa penerjemah ijazah resmi di jakarta
Ijazah adalah salah satu bentuk dokumen resmi Negara dari beberapa dokumen yang lain seperti Surat keputusan, Surat perjanjian, Surat berharga, Surat putusan pengadilan, Surat keterangan, Identitas diri, Akta jual beli dan lainnya. Dokumen ijazah sudah tidak asing lagi hampir setiap orang memiliki dokumen tersebut jika telah menuntaskan beberapa persyaratan yang telah ditentukan, salah satunya ijazah pendidikan maka harus menyelesaikan jenjang studi dan ujian terkhirnya untuk mendapatkan ijazah sekolah / pendidikan.

Dalam ijazah dan dokumen resmi Negara lainnya diwajibkan menggunakan bahasa Indonesia dan tidak boleh dengan bentuk bahasa lainnya, kecuali dokumen tersebut adalah hasil terjemahan ijazah yang diterjemahkan oleh penerjemah ijazah resmi (Penerjemah resmi / Tersumpah), Bahasa Indonesia digunakan sebagai bahasa pengantar dalam Pendidikan Nasional atau dalam negeri, tetapi ketentuan tersebut tidak berlaku untuk Satuan pendidikan asing (satuan pendidikan yang mendidik warga negara asing), karena berdasarkan Undang-undang dan SK Dirjen Dikti no. 08/DIKTI/Kep/2002 bahwa jelas ijazah dan transkrip tidak dibernarkan diterbitkan dalam bahasa Inggris, kecuali dalam satuan pendidikan asing.

Jika sesorang menghendaki Ijazahnya dalam bentuk bahasa inggris atau bahasa asing lainnya maka harus menempuh alternative lain seperti menterjemahkan ijazahnya kepada jasa penerjemah ijazah. Hal itu diperbolehkan jika untuk kepentingan umum dan pribadi seperti ingin melanjutkan sekolah di luar negeri atau persyaratan lainnya yang memang mengharuskan dengan lampiran terjemahan ijazah. ijazah yang berbahasa indonesia yang sudah diterjemahkan oleh jasa penerjemah ijazah resmi kemudian dilegalisir oleh pimpinan sekolah yang berwenang, namun dari sekian banyak masalah ada beberapa masalah yang sering terjeadi yaitu kehilangan ijazah, apasih langkah terbaik jika ijazah kita hilang ?.

Mengurus ijazah yang hilang
Ada beberapa kasus yang sering dialami oleh seseorang menyangkut ujazah yang dimilikinya, salah satunya adalah kehilangan ijazah, kasus seperti itu sering terjadi akibat kejadian bencana alam atau musibah akibat kecerobohan manusia. Jika di Jakarta kejadian tersebut banyak terjadi seperti bencana banjir yang mengakibatkan dokumen seseorang rusak bahkan hilang, begitu pulan musibah kebakaran yang mampu melenyakan semua dokumen berharga.

Lalu bagaimana jika ijazah yang kita miliki hilang akibat bencana/musibah tersebut ?

Pertama,
- Siapkan Identitas diri (KTP)
- Beberapa lembar pas foto dengan masing-masing ukuran 3X4 dan 4X6
- Fotocopy ijazah yang kita miliki yang tersisa, itupun jika masih ada.

Kedua,
- Meminta Surat pengantar/Keterangan dari pihak sekolah
- Lapor ke pihak berwajib untuk meminta Surat kehilangan
- Meminta surat keterangan pengganti ijazah ke pihak sekolah
setelah kita mendapatkan surat kehilangan dari kepolisian kemudian memberikannya kepada pihak sekolah untuk mendapatkan surat keterangan pengganti Ijazah,

Ketiga,
- Melapor ke Dinas Pendidikan setempat
Langkah berikut adalah langkah terakhir untuk mendapatkan Surat pengganti ijazah, kita harus harus meminta tanda tangan dari Dinas pendidikan setempat, Dan untuk beberapa daerah di indonesia diperlukan tanda tangan dari Dinas pendidikan tingkat kecamatan dan setelah itu Tanda tangan dari Dinas pendidikan Kabupaten.

Jika langkah tersebut sudah kita lakukan dan mendapatkan Surat pengganti ijazah maka selesai sudah, kita tidak perlu khawatir hanya tinggal mengingat lagi jika memang ijazah kita hilang entah kemana (lupa), dan jika ingin kita gunakan untuk persyaratan sekolah di luar negeri kita harus menterjemahkan dokumen/surat tersebut kedalam bahasa asing dimana Negara tujuan sekolah yang ingin kita daftar kepada jasa penerjemah ijazah atau penerjemah resmi yang ditunjuk oleh pemerintah. Surat yang kita dapatkan merupakan Surat yang sah hanya saja berbeda bentuk fisik dengan ijazah asli yang pernah kita miliki.