Tuesday, August 25, 2015

Jasa translator atau alat translator ?

jasa atau alat translator
Bahasa adalah masalah besar dalam perbedaan cara berkomunikasi dimana diantara masalah tersebut harus ada pihak sebagai perantara komunikasi jasa translator contohnya. Masalah seperti itu sebenarnya oleh sebagian besar orang sering melihat akan tetapi tidak pernah menyadarinya, contoh kecil sering kita saksikan pada siaran televise, terutama yang memberikan siaran berita internasional terkadang terdapat seorang translator sebagai perantara komunikasi bahasa asing, dan siaran film-film Hollywood yang tentunya menggunakan bahasa internasional yaitu bahasa inggris, tapi untungnya dengan perkembangan teknologi canggih dalam film-film tersebut sudah terdapat pemrograman bahasa yang dapat diatur sesuai kebutuhan misalnya saat kita menonton televisi dengan disertai teks bahasa maka mudah kita untuk memahami alur cerita dari film tersebut.

Selain penggunaan jasa translator untuk penerjemahan bahasa akhir-akhir ini sudah berkembang pesat berbagai aplikasi translator yang beredar di internet yang dibagikan secara gratis(freeware), aplikasi tersebut hampir sebanding dan menggeser peranan jasa translator yang seharusnya kita gunakan sebagai penerjemah bahasa yang dapat kita handalkan, berbeda dengan aplikasi yang merupakan ciptaan/rekayasa manusia itu sendiri. Aplikasi atau alat translator seperti itu umumnya digunakan oleh pelajar sebagai penunjang media belajar mereka, cukup melalui hp mereka dapat belajar bahasa inggris, Seperti dalam teknologi mobile dengan operation system android yang sedang ngetrend saat ini karena memiliki bermacam kelebihan dan mudah digunakan. Dalam handphone android mampu menjalankan beberapa aplikasi sekaligus seperti halnya komputer jadi tidak salah kalau mendapat sebutan smartphone. Dalam smartphone sudah banyak dilengkapi beberapa aplikasi pilihan yang bermanfaat bagi anak-anak hingga orang dewasa. Meski alat translator tersebut banyak digandrungi oleh sebagian orang tetapi jasa translator masih tetap digunakan, dan pada akhirnya manusialah yang menang melainkan bukan mesin. Terbukti banyak jasa translator yang dicari dan kerap digunakan oleh banyak pihak, dan secara umum digunakan oleh perusahaan dan pribadi. Semakin banyak penyedia jasa translator mulai dari independent broker/birojasa hingga badan usaha jasa translator yang ikut serta dalam dunia bisnis, mereka saling berlomba dalam mencari job (orderan). Kelebihan menggunakan jasa translator adalah hasil terjemahan lebih akurat karena murni hasil kerja otak manusia, berbeda dengan menggunakan aplikasi atau semacamnya yang memberikan hasil yang kurang akurat dan perlu untuk di pertimbangkan kembali.

Sebenarnya aplikasi translator itu sendiri dibuat untuk membantu seorang translator sebagai penunjang dalam bekerja, jika tanpa bantuan alat translator tersebut maka jasa translator membutuhkan waktu yang sedikit lebih lama dalam bekerja. Alat translator bekerja memberikan hasil akhir kepada seorang translator yang kemudian oleh seorang translator diolah kembali agar mendapatkan hasil terjemahan yang semestinya. Keduanya saling berhubungan bahkan saling ketergantungan.