Tuesday, August 18, 2015

PESONA KOTA DI SEMARANG

pesona kota semarang
Lawang sewu adalah sebuah bangunan kuno yang terletak diwilayah kota semarang, Jawa tengah. Bangunan ini dibangun pada tanggal 27 Februari tahun 1904, awalnya nama bangunan ini adalah Kantor Pusat NIS. Letak bangunan lawang sewu di ujung Bodjongweg Semarang yang sekarang menjadi Jalan Pemuda dan di sudut pertemuan Bodjongweg dan Samarang naar.

Lawang Sewu dulunya berfungsi sebagai kantor perusahaan kereta api oleh Kolonial Belanda di Semarang dan Nama Lawang Sewu tersebut yang berarti “Seribu pintu” karena dilihat dari segi dan bentuk bangunannya yang memiliki banyak pintu dan jendela maka disebut Lawang sewu, Lawang adalah bahasa jawa yang berarti Pintu dan Sewu adalah Seribu, Entah kenapa masyarakat kota semarang menyebut bangunan itu lawang sewu padahal pada keyataannya pintu yang terdapat pada bangunan itu berjumlah tidak sampai seribu, mengenai asal usul tersebut akan kita bahas di kesempatan lain. Selain itu, yang menarik dari Lawang Sewu salah satunya adalah suasana mistisnya, bangunan yang dilengkapi dengan arsitektur megah khas jaman dahulu di Kota Semarang ini juga sebuah bangunan yang memiliki lantai dibawah tanah yang konon dulunya difungsikan untuk mengurung tahanan oleh Belanda.

SEMARANG. Kota semarang adalah ibukota dari Provinsi Jawa Tengah, Indonesia dan sekaligus kota metropolitan terbesar yang kelima di Indonesia setelah Jakarta, Surabaya, Bandung, dan Medan.
Selain salah satu bangunan Kuno yang unik Lawang sewu kota semarang juga mendapat beberapa julukan, julukan tersebut tentu dengan maksud sesuatu yang terdapat di semarang.

Semarang Kota Lumpia
Sebuah makanan khas yang lezat yaitu Lumpia, makanan ini berasal dari Semarang dan terbuat dari akulturasi 2 budaya yaitu budaya Jawa dan China.

The Port of Java
Port of Java atau Pelabuhan Jawa, yang dimaksud dengan slogan ini adalah Kota semarang sebagai Jalanan singgah dari berbagai penjuru jawa, menurut sejarah Laksamana Ceng Ho pun pernah berlabuh di Kota Semarang, Karena Setiap orang yang hendak pergi dari Jakarta atau Jawa Barat ke Surabaya atau Jawa Timur dan juga sebaliknya maka harus melewati dan singgah di Kota Semarang.

Venetiƫ van Java
Kota Semarang dilalui oleh banyak sungai di tengah kota seperti halnya di Venesia,Italia. Sehingga Belanda menyebut Semarang sebagai Venetiƫ van Java.

Kota Atlas (Aman, Tertib, Lancar, Asri dan Sehat)
ATLAS merupakan semboyan Kota Semarang, dan merupakan akronim (Aman, Tertib, Lancar, Asri dan Sehat) dengan maksud sebagai slogan pemeliharaan untuk keindahan kota semarang.

Semarang memiliki macam jenis makanan khas yang berasal dan peninggalan budaya dari nenek moyang, makanan tersebut sangat unik dan tentunya sangat menggoda lidah para kuliner, antara lain : Madu Semarang, Lunpia Semarang, Wingko Babat, Spekoek, Jongkong Singkong, Gandos, Kue Moci, Blanggem, Mentho, Timus, Gilo-gilo, Bakpia, Tahu Gimbal.

Setelah kota semarang lihat juga apa yang terdapat di cirebon: