Wednesday, September 30, 2015

Menoleh Ijazah Luar Negeri yang disetarakan di Jakarta

sekolah di luar negeri
Banyak para muda-mudi yang memiliki impian tinggi hingga harus mengejar pendidikan ke luar negeri karena beberapa alas an yang menurut mereka menarik, dengan sekolah diluar negeri mereka tidak hanya mendapatkan ilmu pendidikan saja tetapi mereka juga dapat melatih diri menjadi jiwa yang baik, dengan beberapa pengalaman yang akan menjadi bekal untuk kedepan. Program Beasiswa adalah salah satu cara bagi mereka yang ingin melanjutkan sekolah diluar negeri tetu dengan biaya murah, sekolah diluar negeri secara langsung mereka terpisah dari orang tua/saudara/anak-anak dan harus benar-benar bisa mengatur diri untuk menyesuaikan lingungan disana. Dengan sekolah diluar negeri ada beberapa keuntungan yang didapat yaitu :

Dapat mempelajari Budaya baru, Dapat berteman dengan orang-orang dari penjuru dunia, Membuat kita Mandiri, Mengubah pola pikir, mampu berkarir internasional, Dapat meningkatkan kemampuan bahasa dan bisa kita anggap salah satu kesempatan berwisata ni Negara orang.
Tetapi selepas dari hal itu jika kita sudah mendapatkan kelulusan ada yang masih harus dikerjakan yaitu Penyetaraan ijazah yang dimiliki.

Penyetaraan Ijazah dari Luar Negeri adalah salah satu layanan yang diberikan oleh Direktorat Pembelajaran dan Kemahasiswaan Ditjen DIKTI dan penyetaraan ijazah yang dimaksud bukan berarti menentukan diakui atau tidak-diakuinya ijazah dan gelar yang diperoleh seseorang dari hasil tempuhan pendidikannya di luar negeri, akan tetapi lebih menjurus kepada penentuan gelar yang diperoleh agar setara dengan ijazah jenjang pendidikan yang berlaku di Negara Indonesia.

Untuk proses pengajuan penyetaraan ijazah kita dapat memilih (booking) tanggal dan bulan kedatangan ke Dikti untuk melakukan verifikasi dokumen, sebelum mengajukan permohonan ada hal yang harus dilakukan terlebih dahulu yaitu menterjemahkan ijazah yang kita miliki ke dalam bahasa Indonesia oleh penerjemah tersumpah atau penerjemah resmi di jakarta, untuk proses penerjemahan ijazah kita dapat menggunakan para agen layanan jasa penerjemah jakarta yang sudah banyak beredar di internet, tetapi kita harus meminta bahwa penerjemahan oleh penerjemah resmi atau penerjemah tersumpah dan untuk lama waktu proses dapat tanyakan langsung ke agen jasa penerjemah di jakarta, jika sudah kita harus melakukan beberapa prosedur untuk proses penyetaraan ijazah dan pelayanan penyetaraan ijazah hanya dibatasi maksimal 50 pendaftar untuk per-harinya.

Panduan Online Penyetaraan Ijazah Luar Negeri
Bagi Perguruan Tinggi dan Program Studi yang sudah pernah disetarakan:
  1. Mendaftarkan akun pada laman Ijazah Luar Negeri.
  2. Memasukan akun pada laman Ijazah Luar Negeri.
  3. Mengisi borang pendaftaran yang terdapat pada laman penyetaraan ijazah.
  4. Dapatkan nomor registrasi, untuk dicatat dan disimpan.
  5. Datang ke Direktorat Akademik Ditjen Dikti (lantai 7 gedung D Kemdiknas) dan membawa persyaratan serta memperlihatkan DOKUMEN ASLI beserta fotokopi dokumen sebagai berikut:
    - Ijazah yang akan disetarakan (Ijazah yang tidak berbahasa Inggris, Belanda, Perancis dan Jerman harus diterjemahkan ke dalam bahasa Inggris dan disahkan oleh Kedutaan Besar Negara tempat belajar atau penerjemah tersumpah / penterjemah resmi)
    - Ijazah jenjang sebelumnya
    - Transkrip nilai (Transcript of Records selama belajar di luar negeri)
    - Disertasi (untuk S-3) / Tesis (untuk S-2) / Tugas Akhir atau Skripsi (untuk S-1) Apabila bahasa yang digunakan bukan bahasa Inggris, harap dilampirkan terjemahan dalam bahasa Inggris yang meliputi : Title page Abstract Conclusion
    - Pasport dan student visa selama belajar di luar negeri (in-out ke negara tersebut dilampirkan)
    - Pas foto terbaru ukuran 3x4 cm (3 lembar untuk masing-masing ijazah)
    - Nomor registrasi
    - Surat tugas belajar (wajib bagi PNS)
    - Surat perjanjian dari sponsor (bagi karyawan swasta)
    - Dalam hal-hal tertentu, penilai ijazah dapat meminta keterangan lain sebagai persyaratan penunjang.
    Contoh: kronologis proses pembelajaran, masa tinggal di luar negeri, dan lain lain.
  6. Bagi Perguruan Tinggi dan Bidang Ilmu yang sudah pernah disetarakan maka penyetaraan ijazah akan selesai 1-2 hari kerja.
  7. Apabila pemohon berhalangan untuk mengambil SK penyetaraan ijazah, pemohon dapat mewakilkan kepada orang lain dengan membawa surat kuasa bermaterai Rp. 6.000,-
Panduan Penyetaraan Ijazah Luar Negeri
Bagi Perguruan Tinggi atau Program Studi yang belum pernah disetarakan:
  1. Pemohon mendaftarkan akun pada laman Ijazah Luar Negeri.
  2. Pemohon memasukan akun pada laman Ijazah Luar Negeri.
  3. Pemohon mengisi borang pendaftaran yang terdapat pada laman penyetaraan ijazah.
  4. Pemohon mendapat nomor registrasi, untuk dicatat dan disimpan.
  5. Pemohon datang ke Direktorat Akademik Ditjen Dikti (lantai 7 gedung D Kemdiknas) dan membawa persyaratan serta memperlihatkan DOKUMEN ASLI beserta fotokopi dokumen sebagai berikut:
    a. Ijazah yang akan disetarakan (Ijazah yang tidak berbahasa Inggris, Belanda, Perancis dan Jerman harus diterjemahkan ke dalam bahasa Inggris oleh penerjemah ijazah atau penerjemah resmi dan disahkan oleh Kedutaan Besar Negara tempat belajar)
    b. Ijazah jenjang sebelumnya
    c. Transkrip nilai (Transcript of Records selama belajar di luar negeri) d. Disertasi (untuk S-3) / Tesis (untuk S-2) / Tugas Akhir atau Skripsi (untuk S-1) Apabila bahasa yang digunakan bukan bahasa Inggris, harap dilampirkan terjemahan dalam bahasa Inggris yang meliputi : Title page Abstract Conclusion
    e. Katalog/pedoman akademik di luar negeri pada jenjang yang akan disetarakan tentang kurikulum/program pendidikan yang dikeluarkan oleh Perguruan Tinggi yang bersangkutan dalam bahasa Inggris.
    f. Surat perjanjian dari sponsor (bagi karyawan swasta)
    g. Pasport dan student visa selama belajar di luar negeri (in-out ke negara tersebut dilampirkan)
    h. Artikel atau jurnal ilmiah bagi yang sudah dipublikasikan sebagian dari disertasinya.
    i. Pas foto terbaru ukuran 3x4 cm (3 lembar untuk masing-masing ijazah)
    j. Nomor registrasi.
    k. Surat tugas belajar (bagi PNS)
  6. Dalam hal-hal tertentu, penilai ijazah dapat meminta keterangan lain sebagai persyaratan penunjang. Contoh: kronologis proses pembelajaran, masa tinggal di luar negeri, dan lain lain.
  7. Bagi Perguruan Tinggi dan Bidang Ilmu yang belum pernah disetarakan maka penyetaraan ijazah akan selesai dalam 7 hari kerja.
  8. Apabila pemohon berhalangan untuk mengambil SK penyetaraan ijazah, pemohon dapat mewakilkan kepada orang lain dengan membawa surat kuasa bermaterai Rp. 6.000,-
Semoga dapat membantu.