Alternatif Sekolah di Luar Negeri melalui Beasiswa

alternatif sekolah di luar negeri melalui program beasiswa Siapa sih yang tidak menginginkan sekolah di luar negeri selain memberikan efek positif pada diri sendiri sekolah diluar negeri juga mampu memberikan wawasan tentang dunia luar dengan berbagai macam cara, dan akan terasa jauh berbeda antara budaya kehidupan disana dengan budaya tempat kelahiran kita. Banyak yang berbondong-bondong diantara pelajar Indonesia yang memiliki impian menjadi manusia no.1.

Nah, banyak cara mendapatkan atau menuju ke luar negeri untuk menuntut ilmu setinggi langit, dan yang menarik dan paling banyak diincar oleh kaum muda-mudi indonesia adalah melalui program beasiswa yang diberikan oleh beberapa lembaga atau sponsor.

Beasiswa
Melalui cara yang satu ini sebenarnya sudah banyak pihak yang diuntungkan dan dengan program-program ini kita akan sedikit terbantu dalam menempuh pendidikan terutama bagi kita yang tidak mampu/kurang mampu. Banyak program beasiswa yang digalang oleh beberapa lembaga dan sponsor yang mendukung penuh tentang pendidikan di indonesia.

Mencari Beasiswa Unggulan - Salah satu beasiswa ini memiliki kelebihan dari program beasiswa lainnya, yaitu dimulai dari biaya hidup hingga fasilitas pendidikan termasuk penelitian akan dibebankan kepada pemerintah dan pihak swasta yang memberikan dan mensponsori program beasiswa ini. Tetapi, program beasiswa ini tidak sembarang orang mampu mendapatkannya kecuali mereka yang memang memenuhi persyaratan, misalkan pelajar yang selalu unggul dalam prestasi seperti mampu meraih olimpiade nasional dan prestasi lainnya.

Mendapatkan beasiswa Bidik Misi – Bagi para pelajar yang berasal dari keluarga tidak mampu sangat cocok jika memanfaatkan program beasiswa ini karena beasiswa ini memang khusus disajikan bagi mereka yang memiliki impian besar tetapi terhambat karena ketidakmampuan ekonomi, Pemerintah memberikan beasiswa ini dengan batas usia tidak lebih dari 21 tahun, dan dengan syarat lainnya yaitu penghasilan (penghasilan kecil) dari kepala keluarga memang cukup memenuhi syarat yang ditentukan.

Beasiswa dari ILA atau Indonesian Leadership Awards - Untuk jenis program beasiswa ini adalah  program beasiswa yang diberikan oleh Kemetrian Agama, dari biaya hidup dengan fasilitas lainnya ditanggung oleh pemerintah, dan biasanya mereka yang kelulusan dari Madrasah Aliyah yang ingin menempuh pendidikan lebih baik lagi ke jenjang lebih tinggi maka dapat memanfaatkan program beasiswa ini.

Selain memberikan keuntungan dan kemudahan, masih banyak manfaat lainnya dari beasiswa yang diberikan untuk pelajar berprestasi. Selain beasiswa, ada beberapa keuntungan jika kita sekolah diluar negeri yaitu memberikan beberapa pelajaran dan pengalaman berharga bagi kepribadian kita, beberapa dampak positif yang akan didapatkan adalah:

Membuat kita Mandiri
Berbeda saat kita dirumah sendiri yang selalu dengan pelayanan dari seseorang baik itu pembantu atau orang tua dalam hal apapun, akan terasa jika kita diluaran sana ( di tempat/Negara luar) segala sesuatu kita harus siapkan dan kerjakan sendiri, kecuali jika kita memiliki cukup materi untuk menyewa pembantu atau sejenisnya.

Mengubah Pola Pikir otak ( Cara berpikir kita )
Pola pikir atau terkadang dengn sebutan paradigma yaitu jumlah seluruh atau total keyakinan, nilai, identitas, harapan, sikap, kebiasaan, keputusan, pendapat dari pemikiran kita tentang diri kita sendiri, orang lain, dan bagaimana kehidupan bekerja. Karena kita berada diluar jangkauan sudara dan kerabat maka akan memberikan cara berpikir kita untuk lebih maju dan tepat dalam mengambil keputusan, jika sedang sekolah di luar negeri kita harus benar-benar bisa hidup mandiri dan harus mampu merubah cara berpikir kita untuk lebih kokoh dalam menentukan pemikiran dan keputusan yang tepat.

Mendorong untuk mempelajari Budaya baru
Kita akan mendapatkan wawasan budaya baru bahkan kita dapat sekaligus mempelajarinya, tetapi  ingat kita harus tetap menjaga kontrol diri dengan baik, jika tidak maka kita akan terbawa arus oleh budaya terssebut dan akan berbahaya jika budaya tersebut tidak cocok dengan norma yang berlaku di negara kita.

Mampu berkarir dalam dunia internasional
Mendorong kita untuk mampu meraih jaringan bisnis secara internasional, berkarir dengan dunia luas. Selain keuntungan diatas, Sekolah diluar negeri dapat meningkatkan kemampuan bahasa kita untuk berkomunikasi dengan tepat itu berarti kita tidak hanya mampu berbahasa dengan satu bahasa dan yang lebih menarik adalah kesempatan tersebut bisa kita anggap sebagai salah satu kesempatan untuk berwisata di negara asing.