18 HOURS A DAY

Chat Us
for the price and other information on translation

We will assist you and responds to any of your questions.

Syarat dan Translate Dokumen Permohonan Visa

Posted by.

Persiapan Dokumen untuk Permohonan Visa

Sebelum membahas lebih jauh, anda harus ketahui dulu apa itu visa, Visa adalah izin yang dikeluarkan oleh suatu negara yang mengizinkan seseorang untuk masuk ke negara tersebut dalam jangka waktu dan tujuan tertentu.

Sedangkan, Paspor adalah dokumen resmi yang dikeluarkan oleh otoritas yang berwenang dari suatu negara yang berisi identitas pemegang paspor dan berlaku sebagai dokumen untuk melakukan perjalanan antar negara. Jadi jika anda ingin melakukan perjalanan keluar negeri baik itu dengan tujuan wisata, kunjungan resmi, alasan medis, atau lainnya maka anda harus memiliki paspor dan izin masuk atau visa di dalamnya agar dapat melakukan perjalanan ke negara tujuan.
Jika anda belum memiliki paspor anda bisa membuatnya di Kantor Imigrasi di wilayah anda, sebaliknya jika anda sudah memiliki paspor, anda hanya membutuhkan izin perjalanan atau masuk ke negara tujuan. Sedangkan untuk memperoleh visa itu sendiri masing-masing negara memiliki syarat dan ketentuan tersendiri, jadi ikuti dan lengkapi semua dokumen persyaratan visa untuk kelengkapan permohonan.

Sebelum mengajukan permohonan, periksa terlebih dahulu paspor dan melakukan pemeriksaan kesehatan. Kumpulkan dokumen-dokumen yang diperlukan dan tambahkan informasi seperlunya untuk mendukung permohonan visa termasuk terjemahan bahasa inggris dari dokumen-dokumen pendukung permohonan.
Dalam permohonan, pastikan mengirimkan aplikasi visa yang lengkap serta memberikan informasi yang akurat, dokumen identitas asli, setelah itu ajukan permohonan visa, pemohon juga dapat mengajukan secara online. Biasanya setelah pengajuan permohonan visa, pemohon akan diberitahu bahwa dokumen permohonan telah diterima. Setelah permohonan lengkap dan diterima, hasil visa akan diberitahukan secara tertulis yang memuat nomor visa dan masa berlaku visa.

Perlu diketahui bahwa, dalam melengkapi persyaratan untuk memperoleh visa, anda harus menyerahkan dokumen yang diperlukan dan dokumen tersebut harus berbahasa asing atau bahasa negara yang ingin anda tuju, misalkan anda ingin melakukan perjalanan ke negara tetangga seperti Australia, maka anda harus membuat salinan dokumen ke dalam bahasa inggris seperti yang digunakan di negara Australia .

Siapkan translate dokumen ke bahasa inggris untuk syarat visa

Setelah mengumpulkan semua dokumen yang diperlukan, pilah diantaranya yang perlu diterjemahkan ikuti persyaratan yang ditentukan oleh kedutaan atau yang diminta oleh agen pengurusan visa (jika pengurusan melalui agen) setelah itu lakukan penerjemahan dokumen yang diperlukan untuk syarat permohonan visa ke dalam bahasa inggris, anda dapat mencari jasa translate dokumen untuk visa terdekat di sekitar anda, hal penting dalam proses ini adalah anda tidak boleh menterjemahkan dokumen tersebut kepada penerjemah yang belum terdaftar, karena itu dokumen harus diterjemahkan oleh penerjemah resmi terdaftar di kedutaan negara yang ingin anda tuju, singkatnya anda harus mencari penerjemah tersumpah, yaitu penerjemah resmi yang telah disertifikasi oleh kementerian hukum dan hak asasi manusia.

Dokumen apa saja yang harus disiapkan

Bagi traveller yang ingin berwisata ke negara tetangga, maka visa yang anda butuhkan adalah visa tourist dan beberapa dokumen yang perlu anda persiapkan adalah:
  • Paspor Asli yang masih berlaku (setidaknya 6 bulan kedepan)
  • Fotokopi Kartu Tanda Penduduk (KTP) 
  • Fotokopi Kartu Keluarga 
  • Fotokopi Akte Kelahiran 
  • Fotokopi Surat Nikah (jika sudah menikah) 
  • Fotokopi NPWP 
  • Fotokopi Kartu Tanda Penduduk, Akta Lahir, Paspor dari si pembuat Invitation Letter 
  • Surat Izin Asli dari suami/istri, jika bepergian sendiri tanpa suami/istri 
  • Pasfoto 3×4 dan 4×6, 
  • Fotokopi Rekening Koran Tabungan.

Dokumen diatas adalah dokumen-dokumen yang diperlukan dalam permohonan visa untuk mengunjungi/memasuki negara Australia. Selain itu, dokumen harus disertai dengan terjemahan bahasa inggris yang dilakukan oleh penerjemah tersumpah terdaftar di kementerian termasuk kedutaan, dan penerjemah tersebut adalah penerjemah tersumpah bahasa inggris agar sesuai dengan persyaratan dan dokumen yang diperlukan yaitu dokumen berbahasa inggris. FYI, jika sebelumnya penerjemah tersumpah disertifikasi oleh Pemerintah DKI Jakarta disumpah oleh Gubernur, mulai tahun 2022 sertifikasi diambil alih oleh kementerian, jadi sertifikasi terbaru penerjemah tersumpah atau bersumpah dilakukan oleh Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia, masing-masing memiliki nomor surat keputusan sesuai spesialisasi bahasanya masing-masing dari kementerian.
Jika dirasa sudah lengkap sesuai dengan semua persyaratan permohonan visa, selanjutnya anda ajukan langsung ke tempat permohonan visa Australia, atau anda juga bisa meminta bantuan jasa pengurusan visa atau agen pengurusan visa, atau anda juga dapat mengakses informasi yang dibutuhkan di situs kedutaan Australia.
Copyright © 2023 Isk