Pengertian, Fungsi dan Syarat membuat Akta Notaris

Apakah anda termasuk salah satu orang yang ingin mendirikan badan usaha ?
Jika iya, anda harus tahu tentang akta notaris yang nanti akan anda gunakan sebagai bukti pendirian usaha anda. Lalu bagaimana anda membuatnya ?
Dokumen yang dibuat oleh notaris yang berhubungan dengan pendirian usaha baik CV maupun PT wajib dimiliki bagi siapapun yang mendirikan badan usaha, Akta Notaris adalah dokumen resmi yang dikeluarkan oleh notaris yang memiliki kekuatan hukum/pembuktian mutlak dan mengikat. Singkatnya pengertian akta notaris adalah alat bukti tulisan atau surat pembuktian yang utama sehingga dokumen ini merupakan alat bukti persidangan yang memiliki kedudukan yang sangat penting, dokumen ini merupakan bukti yang sempurna sehingga tidak perlu lagi dibuktikan dengan pembuktian lain selama tidak dapat dibuktikan ketidakbenarannya.

Akta notaris memeiliki fungsi sangat penting sebagai fungsi formal yang memiliki arti bahwa suatu perbuatan hukum akan menjadi lebih lengkap apabila di buat suatu akta dan sebagai contoh perbuatan hukum yang dimaksud harus dituangkan kedalam bentuk akta. Minimal perbuatan hukum yangtersebut disyaratkan dengan dibuatnya akta bawah tangan. Selain itu Akta Notaris juga sebagai alat pembuktian di mana dibuatnya akta tersebut oleh para pihak yang terikat dalam suatu perjanjian sengaja di tujukan untuk pembuktian di hari kemudian, dan fungsi akta notaris lainnya sebagai alat pembuktian yang sempurna bagi para pihak dalam perjanjian beserta ahli warisnya yang mendapatkan hak darinya tentang apa yang di muat dalam akta tersebut. Akta otentik juga merupakan bukti yang mengikat yang berarti kebenaran atas sesuatu atau hal-hal yang tertulis dalam akta otentik tersebut harus diakui oleh hakim. Jadi bagi anda yang ingin mendirikan badan usaha atau menginginkan suatu perjanjian dengan pihak lain maka ada baiknya dituangkan dalam akta notaris, jika anda bermaksud mendirikan usaha maka akta pendirianlah yang anda buat, jika perjanjian kerjasama maka akta perjanjian, jika melakukan jual beli maka akta jual beli, dan lainnya yang memang harus dituangkan dalam bentuk akta notaris.

Perihal akta notaris tentu saja anda yang berkepentingan bertanya-tanya apa sajakah syarat syarat untuk membuat akta notaris ?
Lebih tepatnya datangi saja langsung kantor notaris yang menurut anda mencukupi dan anda akan mendapatkan semua informasi tentang syarat pembuatan akta notaris yang anda butuhkan. Tetapi bagi anda yang ingin mendirikan badan usaha umumnya anda harus menyiapkan beberapa dokumen berikut, seperti :
  • Copy KTP para pendiri, minimal 2 orang
  • Copy Kartu Keluarga ( jika penanggung jawab / Direktur Utama wanita )
  • Copy NPWP Pribadi Penanggung Jawab / Direktur Utama.
  • Copy Surat Keterangan Domisili dari Pengelola gedung, jika perusahaan berdomisili di gedung
  • Pas Foto Penanggung Jawab / Direktur Utama, Ukuran 3×4 = 2 Lembar berwarna
Apakah artikel ini membantu anda ?
Silahkan bagikan ke teman sosial media anda agar lebih bermanfaat.
#pengertianaktanotaris - #syaratpembuatanaktanotaris - #fungsiaktanotaris .