Mengenal lebih Asal usul Bahasa Mandarin (Chinese)

Jasa Penerjemah Bahasa Mandarin
Berdasar sumber yan lain menyebutkan bahwa kata mandarin ( Bahasa Mandarin ) secara harfiah berawal dari sebutan orang asing terhadap para pembesar Dinasti Qing pada zaman dulu, Dinasti yg didirikan oleh suku Manchu ini sehingga pembesar-pembesar kekaisarannya disebut sebagai Mandaren yang berarti Pembesar Manchu. Berawal dari sini hingga Bahasa yag digunakan oleh para pejabat pembesar Manchu disebut sebagai Bahasa Mandaren, hingga masa ke masa penulisannya berevolusi menjadi sebutan Mandarin. Sedangkan Bahasa Mandarin di indonesia sendiri kata mandarin diambil dari bahasa inggris yag diserap dari bahasa portugis yaitu ‘Mandarim’.

Secara garis kecil Bahasa Mandarin berarti Putonghua dan Guoyu, yang merupakan dua bahasa standar dan hampir sama yang didasarkan pada bahasa lisan Beifanghua.

Apa itu Putonghua dan Guoyu? Putonghua merupakan bahasa resmi Negara Cina dan Guoyu adalah bahasa resmi Negara Taiwan, memang keduanya hampir sama tetapi Putonghua yng biasanya disebut Huayu adalah salah satu dari empat bahasa resmi Negara Singapura.

Secara garis besar Bahasa Mandarin berarti Beifanghua atau berarti Bahasa percakapan Utara, yang merupakan kategori cukup luas dan mencakup beragam jenis sumber dialek bahasa percakapan yang digunakan sebagai bahasa lokal di sebagian besar negara bagian utara dan barat daya Cina hingga menjadi dasar bagi Bahasa Putonghua dan Guoyu.

Huayu adalah nama lain dari Bahasa Mandarin yang kita kenal sekarang ini dan merupakan dialek Utara bahasa Han. Huayu yg berarti ‘Bahasa Hua’ bahasa yang umum digunakan oleh orang Tiongkok. Begitu juga dengan Guoyu yaitu sebutan lain bagi dialek Utara bahasa Han, Guoyu berarti Bahasa Nasional persis seperti kenyataan bahwa bahasa Mandarin ditetapkan sebagai bahasa resmi pemerintahan dan nasional di beberapa negara seperti Republik Rakyat China dan Taiwan.