Friday, July 31, 2015

Bahasa daerah yang masih digunakan di pulau jawa

Pulau jawa terkenal wilayah yang luas, selain tanahnya yang subur dan mampu menghasilkan berbagai macam hasil pertanian dan perkebunan di wilayah pulau jawa juga terdapat aneka ragam bahasa daerah, tentunya berasal dari daerah/suku bangsa yang berada di pulau jawa.

Jawa
Bahasa Jawa. Bahasa ini digunakan oleh penduduk suku jawa di pulau jawa, tepatnya di Jawa Tengah, Jogjakarta, dan Jawa Timur. Selain penggunaan bahasa daerah tersebut bahasa jawa juga kerap digunakan oleh penduduk di beberapa daerah lainnya, seperti di Serang, Cilegon, dan Tangerang yang termasuk wilayah Banten, di wilayah Jawa Barat seperti Karawang, Subang, Indramayu, dan Cirebon. Karena migrasi suku Jawa yang menyebar luas maka membuat bahasa Jawa dapat dijumpai di berbagai daerah hingga ke luar negeri. Terbukti dengan adanya pemukiman yang dikenal dengan nama kampung Jawa, padang Jawa yang berada di Malaysia, hingga kebudayaan jawa.

Tengger
Bahasa Tengger. Bahasa daerah ini digunakan di wilayah sekitar Gunung Bromo, yang mencakup luas di wilayah Probolinggo, Pasuruan, Malang dan Lumajang. Ada beberapa pihak yang beranggapan bahwa bahasa tengger ini merupakan turunan dari basa Kawi karena dalam bahasa tengger masih terdapat kalimat kuno yang sudah tidak dituturkan lagi dalam Bahasa Jawa modern.

Osing
Bahasa Osing. bahasa yang dituturkan oleh penduduk diwilayah sekitar Banyuwangi, Jawa Timur ini secara linguistik merupakan cabang Formosa dalam rumpun bahasa Austronesia. Tetapi di daerah Jember dialek bahasa ini banyak terpengaruhi oleh bahasa Jawa dan Madura, hal tersebut dikarenakan keterisolasiannya oleh penutur Osing lainnya di Banyuwangi.

penggunaan bahasa daerah di indonesia
Sunda
Bahasa Sunda. Bahasa ini dituturkan oleh suku sunda yang berada di Indonesia, penggunaannya masih aktif dan banyak digunakan di wilayah pulau jawa. hampir digunakan diseluruh provinsi Jawa Barat dan Banten, dan Jawa Tengah mulai dari wilayah sekitar Sungai Cipamali Kabupaten Brebes dan Sekitar Sungai Ciserayu di Kabupaten Cilacap. Sedangkan kawasan Propinsi Jakarta dan di seluruh propinsi di Indonesia merupakan hasil dari urbanisasi Suku Sunda.

Baduy
Bahasa Baduy. Banyak yang menganggap bahasa ini merupakan dialek bahasa sunda, tetapi bahasa ini merupakan dialek bahasa tersendiri dan hanya dimasukkan ke dalam suatu rumpun bahasa Sunda. Penutur bahasa ini tersebar di wilayah Rangkas bitung, gunung Kendeng, Sukabumi, Lebak dan Pandeglang. Penutur bahasa ini adalah suku baduy di pulau jawa.

Betawi
Bahasa Betawi. Dimasa perkembangan propinsi Jakarta bahasa betawi digunakan oleh masyarakat kalangan menengah kebawah, terutama komunitas budak dan pedagang salah satu penuturnya hingga berkembang secara alami dan tidak struktur baku yang jelas untuk membedakan antara bahasa betawi dengan bahasa melayu. Bahasa Betawi adalah bahasa kreol yang diambil dan didasarkan dengan bahasa melayu serta terdapat unsur-unsur bahasa Sunda, Bali, Hokkian (Cina selatan), Arab, selain itu terdapat unsur bahasa dari Eropa seperti belanda dan portugis.

Cirebon
Bahasa Cirebon / Cerbon. Sebagian besar kosakata asli dalam bahasa ini tidak memiliki kesamaan dengan bahasa Jawa standar lainnya baik secara morfologi maupun fonetik. Ulas lebih ragam dialek bahasa di cirebon dan daerah sekitarnya.