Bahasa dengan Penutur terbanyak di dunia

jasa-penerjemah
Bahasa adalah suatu lambang bunyi yang digunakan sebagai alat untuk berkomunikasi dalam suatu masyarakat guna berinteraksi, bekerjasama sertamengidentifikasi diri, tanpa bahasa kita tidak bisa saling mengerti dan memahami satu sama lain dan bahasa juga memiliki arti dan kekuatan tersendiri atas apa yang kita maksudkan. Berbahasa yang baik akan sangat membantu lawan bicara kita memahami maksud dan tujuan kita. Ada beberapa bahasa yang digunakan di negara yang  berbeda-beda bahkan sampai  dijadikan bahasa resmi di negara tersebut, dan apa jadinya jika dua pihak atau lebih saling berkomunikasi dengan bahasa yang berbeda, maka mereka akan membutuhkan seorang penerjemah bahasa sebagai perantara dan merupakan orang ahli dalam alih bahasa. Ada beberapa bahasa yang digunakan dalam sehari-hari dengan jumlah penutur kata terbanyak, dan semakin banyak bahasa yang kita kuasai akan sangat membantu dalam  menambah wawasan, berikut beberapa bahasa yang paling banyak digunakan:

Bahasa Mandarin
Bahasa ini paling banyak digunakan dipenjuru dunia dan bahasa mandarin adalah bahasa yang digunakan sebagai bahasa resmi di negara China atau Republik Rakyat Tiongkok, suatu negara asia yang memiliki jumlah penduduk yang diperkirakan (2013) mencapai 1,4 milyar juta jiwa, dan jumlah tersebut termasuk jumlah imigran china yang membawa bahasa mandarin bersamanya.

Bahasa Inggris
Bahasa ini merupakan bahasa terpopuler di dunia yang sering digunakan bahkan dijadikan sebagai bahasa resmi di beberapa negara, bahasa inggris banyak diminati karena digunakan sebagai bahasa internasional yang memiliki sekitar 500 juta jiwa penutur kata.

Bahasa Hindi
Di negara india, bahasa hindi adalah bahasa resmi sehari-hari selain bahasa inggris dan memiliki kedekatan dengan bahasa urdu, kedua bahasa tersebut hanya diakui sebagai bahasa resmi oleh mahkamah konstitusinya dan bukan sebagai bahasa nasional. Hampir sekitar 497 juta jiwa penutur kata dengan aksara bahasa devanagari.

Bahasa Spanyol
Adalah bahasa yang digunakan di 21 negara sebagai bahasa resmi dan telah mendominasi Asia, Afrika, Amerika yang meninggalkan beberapa kebudayaan hingga bahasa spanyol digunakan sebagai bahasa resmi di amerika tengah dan selatan. Bahasa yang merupakan kelompok bahasa roman turunan bahasa latin selain bahasa prancis, bahasa italia, bahasa portugis, bahasa rumania, bahasa katalan, bahasa ositania, bahasa romansch, dan hampir 400 juta jiwa penutur kata dengan aksara Latin yang digunakan.

Bahasa Arab
Bahasa adalah bahasa resmi yang digunakan di 25 negara seperti aljazair, bahrain, komoro, chad, djibouti, mesir, eritrea, irak, israel, jordania, kuwait, lebanon, libya, mauritania, maroko, oman, palestina, qatar, saudi arabia, somalia, sudan, suriah, tunisia, uni emirat arab, sahara barat, yaman. Bahasa ini mengandung unsur kosakata dari bahasa portugis, spanyol, sisilia dan bahasa ini menggunakan sistem penulisan aksara dari kanan ke kiri seperti bahasa ibrani dan persia, hampir 300 juta jiwa penutur kata dengan menggunkan aksara arab.

Diatas adalah beberapa bahasa yang sering dan banyak digunakan di dunia, mungkin di masa mendatang akan berubah menurut jumlah penuturnya, semakin banyak bahasa yang kita kuasai akan memberikan wawasan lebih tentang budaya, sejarah, pemerintahan, ekonomi suatu negara serta dapat menambah ilmu pengetahuan yang penting dan bermanfaat. Berdasarkan indikator jumlah penutur kata, lima bahasa diatas merupakan bahasa yang diminati.