Thursday, August 27, 2015

Cek status ijazah asli atau palsu anda disini !!

Ijazah adalah salah satu sertifikat penting yang mengidentifikasikan tentang keterangan dari si pemegang sertifikat ( ijazah ) dan sertifikat tersebut sangat berperan penting dalam kehidupan manusia, misalnya sebagai bukti tingkat taraf pendidikan dan keahlian sesorang dan seringkali digunakan sebagai syarat tertinggi dalam melamar pekerjaan.
Semua orang yang pernah belajar dengan sertifikasi resmi tentu memiliki ijazah dan sertifikat lampiran lainnya, dan untuk mendapatkan itu sangatlah tidak mudah umumnya harus memenuhi beberapa kriteria yang ditentukan, di Negara kita (Indonesia) ada beberapa macam tempuhan pendidikan mulai dari pendidikan dasar, pendidikan menengah (SMP/SLTP), pendidikan atas (SMU/SLTA/SMK) dan pendidikan tinggi lainnya, semuanya akan mendapatkan sertifikat (ijazah) jika memang si peserta didik layak untuk mendapatkannya.

Namun sangat disayangkan akhir-akhir ini banyak para pihak yang mengambil keuntungan dari mereka yang ingin memiliki sertifikat tanpa melalui perjalanan panjang, yaitu dengan menggunakan sertifikat (ijazah) palsu.
Nah, artikel ini sengaja dibuat untuk anda yang ingin tahu cara cek ijazah asli atau palsu agar kita tahu status dan kebenaran sertifikat tersebut, untuk mengecek status sertifikat, dalam hal ini adalah ijazah dan caranya cukup mudah kita hanya perlu mengunjungi situs pemerintah yaitu situs DIREKTORAT JENDERAL PENDIDIKAN TINGGI untuk mengecek kebenaran sertifikat yang dimaksud, langkah demi langkah sebagai berikut:

a. Pastikan sipemegang sertifikat ijazah yang ingin kita cek adalah manusia.
b. Kunjungi alamat situs: http://forlap.dikti.go.id/mahasiswa (copy dan paste kan alamat situs tersebut pada browser)
c. Jika sudah terbuka jendela browser dari laman tersebut dan akan ada tampilan seperti gambar dibawah:

cara cek ijazah asli atau palsu

  1. Masukkan nama perguruan tinggi yang tertera pada ijazah
  2. Sesuaikan program studi/jurusan
  3. Masukan kata kunci atau Nama si pemegang sertifikat
  4. Masukan kata kunci pengaman yang direkomendasikan, untuk membuktikan kepada situs bahwa kita adalah manusia bukan mesin, Setelah kita yakin data sudah benar, kemudian enter CARI MAHASISWA.
d. Tunggu beberapa saat dan akan muncul data yang dihasilkan dari pencarian tersebut, jika sudah kemudian klik salah satu daftar keterangan dan akan tampil biodata /informasi yang benar.

Amati dan pertimbangkanlah tentang pertanyaan anda apakah ijazah asli atau palsu.