18 HOURS A DAY

Chat Us
for the price and other information on translation

We will assist you and responds to any of your questions.

Jasa Penerjemah & Syarat Membuat Akta Notaris

Posted by.
Apakah anda termasuk salah satu orang yang ingin mendirikan badan usaha ?
Anda harus tahu tentang apa itu akta notaris, dokumen yang nanti akan anda gunakan sebagai bukti pendirian usaha anda.

Lalu bagaimana anda membuatnya ?
Dokumen yang dibuat oleh notaris yang berhubungan dengan pendirian usaha baik CV maupun PT wajib dimiliki bagi siapapun yang mendirikan badan usaha. Akta Notaris adalah dokumen autentik yang dikeluarkan oleh notaris yang memiliki kekuatan hukum/pembuktian mutlak dan mengikat. Singkatnya pengertian akta notaris adalah alat bukti tulisan atau surat pembuktian yang utama sehingga dokumen ini merupakan alat bukti persidangan yang memiliki kedudukan yang sangat penting, dokumen ini merupakan bukti yang sempurna sehingga tidak perlu lagi dibuktikan dengan pembuktian lain selama tidak dapat dibuktikan ketidakbenarannya.

Akta notaris memiliki fungsi sangat penting sebagai fungsi formal yang memiliki arti bahwa suatu perbuatan hukum akan menjadi lebih lengkap apabila dibuat suatu akta dan sebagai contoh perbuatan hukum yang dimaksud harus dituangkan ke dalam bentuk akta. Minimal perbuatan hukum yang tersebut disyaratkan dengan dibuatnya akta bawah tangan. Selain itu, akta notaris juga sebagai alat pembuktian di mana dibuatnya akta tersebut oleh para pihak yang terikat dalam suatu perjanjian sengaja ditujukan untuk pembuktian pada hari kemudian, dan akta notaris lainnya sebagai alat pembuktian yang sempurna bagi para pihak dalam perjanjian beserta ahli warisnya yang mendapatkan hak darinya tentang apa yang dimuat dalam akta tersebut. Akta autentik juga merupakan bukti yang mengikat yang berarti kebenaran atas sesuatu atau hal-hal yang tertulis dalam akta autentik tersebut harus diakui oleh hakim. Jadi bagi anda yang ingin mendirikan badan usaha atau menginginkan suatu perjanjian dengan pihak lain maka ada baiknya dituangkan dalam akta notaris, jika anda bermaksud mendirikan usaha maka akta pendirianlah yang harus anda buat, jika perjanjian kerjasama maka akta perjanjian, jika melakukan jual beli maka akta jual beli, dan lainnya yang memang harus dituangkan dalam bentuk akta notaris.

Berkaitan dengan akta notaris tentu saja anda yang memiliki kepentingan selalu bertanya-tanya apa saja sih syarat-syarat untuk membuat akta notaris.
Untuk lebih lengkapnya, anda bisa datangi langsung kantor notaris terdekat di wilayah anda dan anda akan mendapatkan semua informasi tentang syarat pembuatan akta notaris yang anda butuhkan. Bagi anda yang ingin mendirikan badan usaha pada dasarnya anda harus mempersiapkan beberapa dokumen berikut, seperti:
  • Copy KTP para pendiri, minimal 2 orang
  • Copy Kartu Keluarga ( jika penanggung jawab / Direktur Utama wanita )
  • Copy NPWP Pribadi Penanggung Jawab / Direktur Utama.
  • Copy Surat Keterangan Domisili dari Pengelola gedung, jika perusahaan berdomisili di gedung
  • Pas Foto Penanggung Jawab / Direktur Utama, Ukuran 3×4 = 2 Lembar berwarna.
keywords: pengertian akta notarissyarat pembuatan akta notarisfungsi akta notaris
Copyright © 2023 Isk